Lebih Sering Belajar atau Bekerja dari Rumah, Tapi Gampang Lelah? Bisa Jadi Gejala Anemia!

Belajar atau bekerja dari rumah (WFH) mestinya menyimpan tenaga kita karena mobilitas berkurang. Namun nyatanya, belajar atau bekerja dari rumah gak semerta-merta bisa bikin kita lebih aktif dan produktif, lho. Siapa yang malah jadi rajin rebahan? 

Rebahan gak melulu karena rasa malas atau ngantuk. Cek dulu deh, jangan-jangan rebahan itu tanda badan kamu lemas karena gejala anemia. 

Apa sih anemia? 

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah atau ketika sel darah merah tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, aliran oksigen dalam tubuh tidak maksimal sehingga membuat penderita pucat dan/atau gampang lelah. Gejala anemia lainnya yang umum ditemui antara lain: sakit kepala/pusing, sering mengantuk, nafas pendek, detak jantung tidak teratur, dingin di tangan dan kaki.

Punya satu hingga tiga gejala di atas, apa sudah pasti anemia?

Jangan buru-buru self-diagnose, ya! Untuk memastikan apakah kamu anemia atau tidak, diperlukan cek darah menyeluruh di lab kemudian hasilnya akan dianalisa oleh dokter. Sebab, ada berbagai macam jenis anemia dengan pengobatan yang berbeda. 

Terus, gimana caranya biar gak anemia? 

Beberapa jenis anemia seperti anemia defisiensi besi dapat dicegah dengan  menjaga nutrisi dan kandungan zat besi di dalam tubuh. Makan makanan yang kaya kandungan zat besi seperti hati sapi, daging merah, sayuran hijau (bayam, brokoli, kangkung), kacang-kacangan (kacang merah, kacang putih, kacang kedelai), daging ayam, dan kuning telur. Selain itu, bila diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh dapat mengkonsumsi produk zat besi yang mengandung IPC (Iron Polymaltose Complex). IPC memiliki struktur yang mirip dengan protein besi di alam sehingga zat besi diserap melalui mekanisme alami.

Yuk jaga produktivitas di rumah dengan tubuh yang sehat dan penuhi kebutuhan zat besi harian! 



source:https://www.alodokter.com/anemia