Jangan ragu ajak balita road trip asal kebutuhan zat besi hariannya terpenuhi!

Saat ini, road trip menjadi pilihan transportasi liburan keluarga. Namun, bagi Anda yang memiliki balita, road trip bisa jadi tidak mudah. Mereka cenderung lebih rentan kelelahan dan sakit. Apalagi, perjalanan panjang membutuhkan singgah di beberapa tempat yang tidak terjaga kebersihannya. Tubuh anak memerlukan stamina dan imun tubuh yang baik. Maka dari itu, salah satu persiapan agar anak siap diajak road trip adalah pastikan ia tidak sedang mengalami anemia defisiensi zat besi (ADB).

Apa sih ciri anak  yang terkena ADB? 

Anak kemungkinan mengalami ADB, bila:

  1. Tubuhnya lemas, lesu, tidak semangat bermain
  2. Nafsu makan turun
  3. Kulit pucat karena kekurangan sel darah merah
  4. Sulit konsentrasi ketika belajar, pusing
  5. Sering sakit-sakitan/terkena infeksi virus karena imun tubuhnya menurun

Bila anak terlihat memiliki gejala tersebut, ada baiknya untuk menunda perjalanan dan memeriksakan kondisinya terlebih dahulu ke dokter.

Lalu bagaimana penanganannya?

Biasanya dokter akan memberikan produk sediaan  zat besi selama dua hingga tiga bulan hingga kadar Hb normal kembali. Ada berbagai produk sediaan  zat besi yang beredar di masyarakat. Pilihlah yang memiliki rasa yang disukai anak seperti coklat, 

Sajikan makanan yang kaya zat besi dan mudah diserap seperti hati ayam, daging, ikan, dan ayam. Untuk mendukung penyerapan zat besi dalam tubuh, konsumsi buah yang mengandung vitamin C dan hindari produk-produk yang menghambat penyerapan zat besi seperti susu dan minuman berkafein.

Bila balita Anda sudah tidak mengalami ADB, kekhawatiran di jalan pun berkurang, road trip bakal menyenangkan!

Source: http://maltofer.combiphar.com/pentingnya-zat-besi-pada-anak