Anak mulai MPASI? Ini yang Perlu Moms Persiapkan!

Ketika usia bayi mencapai 6 bulan, ini saatnya Moms memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembangnya. Selain itu, bayi juga jadi belajar mengenal berbagai bentuk dan rasa makanan. Untuk itu ada beberapa persiapan yang perlu Moms lakukan.

Apa Saja yang Harus Disiapkan dan Diperhatikan saat Anak Memasuki Masa MPASI?

Perkembangan tiap bayi tidak semua sama, maka Moms perlu mengenali dulu tanda-tanda bayi sudah siap mendapatkan MPASI, seperti: 
  • Bayi sudah bisa meraih barang-barang di sekitarnya dan memasukkannya dalam mulut, serta sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan orang tua dengan kepala yang tegak.
  • Bayi terlihat antusias ketika melihat orang lain sedang makan.
  • Ketika disodorkan sendok, bayi mampu membuka mulut dengan baik secara naluriah.
  • Ketika diberikan makanan yang lembut, bayi mampu menelannya (tidak dikeluarkan kembali dari mulut)
Tanda-tanda ini tidak bisa disamakan untuk semua bayi. Ada tanda-tanda lain, seperti bayi memasukkan jari ke dalam mulut. Lebih bagus lagi kalau Moms berkonsultasi dulu dengan dokter anak mengenai hal ini. Jika memang sudah waktunya, maka selanjutnya Moms perlu menyiapkan hal lain agar momen MPASI menjadi lebih menyenangkan bagi Moms dan bagi bayi. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:
  1. Siapkan peralatan makan bayi dan selalu pisahkan peralatan makan ini dengan peralatan makan atau memasak lainnya ketika mencuci ya, Moms.
  2. Pelajari menu makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi buat tumbuh kembang bayi. Pastikan sajian untuk si Kecil kaya zat besi yah Moms untuk menghindari anemia defisiensi zat besi yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak.
  3. Buat jadwal MPASI untuk 2-3 kali makan dengan ada pemberian makanan selingan, misalnya pure buah atau sayur.
  4. Pastikan tekstur makanan lembut agar bayi mudah menelan dan tidak tersedak.

Pemberian MPASi pertama pada bayi harus dilakukan dengan sabar agar bayi tidak trauma ya, Moms. Bila Moms khawatir zat besi hariannya tidak tercukupi, sediakan produk sediaan zat besi dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.
Selamat mencoba happy moment ini!

Referensi:
    - https://id.theasianparent.com/peralatan-untuk-persiapan-mpasi-bayi
    - https://www.halodoc.com/artikel/tips-menyiapkan-mpasi-pertama-untuk-si-kecil
    - https://www.alodokter.com/inilah-urutan-memperkenalkan-makanan-pendamping-asi-untuk-bayi