5 cara cegah lemas dan gagal fokus ketika puasa

Apakah pekerjaanmu menjadi dua kali lipat banyaknya ketika bulan Ramadan? Kamu gak sendiri, kok. Kenyataannya ada berbagai industri yang mendapatkan tantangan lebih ketika bulan Ramadan tiba. Produktivitas harus meningkat, sementara terkadang fokus dan tenaga kita menurun ketika puasa.

Apalagi di siang hari, rasanya ingin mengganti jam makan siang untuk tidur siang.

Nah, buat kamu yang ingin tetap fokus dan gak lemas ketika bekerja saat sedang puasa, ada 5 cara yang bisa kamu coba nih.

  1. Cukup minum
    Aturan minum 8 gelas sehari jangan diabaikan, ya! Kamu bisa coba pola 2-4-2, yaitu dua gelas ketika berbuka, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas ketika sahur. Kurangi juga minum minuman berkafein, ya! 

  2. Jaga durasi dan kualitas tidur
    Usahakan istirahat malam kamu tidak berkurang dan sesuai kebutuhan meski diselingi waktu sahur. Kamu bisa coba tidur lebih awal. Maka dari itu, kurangi minuman kafein ketika berbuka dan manfaatkan waktu di siang hari seoptimal mungkin agar tidak perlu begadang menyelesaikan pekerjaan. 

  3. Makan enak dan sehat
    Sering terjadi, lapar ketika puasa membawa kamu menjadi lapar mata. Ya kan? Nah, ada baiknya kamu bikin meal plan agar gak impulsif menyediakan makan sahur dan berbuka. Perbanyak sayur dan buah yang membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairan dalam tubuh. Kurangi makanan bertepung dan berkadar gula tinggi yang bisa bikin badan lemas ketika puasa.

  4. Olahraga teratur supaya manjur
    Olahraga saat puasa, kenapa tidak? Olahraga rutin dan teratur bisa menjaga stamina kamu supaya gak gampang lemas ketika puasa. Dan bonusnya, bantu kamu supaya lebih cepat tidur, lho! Pilih olahraga yang mudah seperti berjalan cepat 10 menit, sepedaan, atau yang bisa dilakukan bersama teman-teman. 

  5. Penuhi kebutuhan zat besi harian
    Penting untuk selalu menjaga agar kebutuhan zat besi harian dalam takaran yang pas karena dia yang akan memproduksi hemoglobin dalam darah, untuk kemudian menyalurkan oksigen ke jantung,otak dan seluruh tubuh. Zat besi bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka, atau bila perlu siapkan produk sediaan zat besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan pas.

Source: https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/tips-mengatasi-lemas-saat-puasa/