4 Hal Ini Wajib Dipenuhi Ibu Hamil untuk Tumbuh Kembang Janin yang Sehat

Masa-masa kehamilan menjadi masa yang mengharu biru, antara bahagia sekaligus khawatir, terutama kalau ini adalah kehamilan pertama. Mom sudah pasti ingin yang terbaik untuk calon buah hati, kan? Nah, supaya kesehatan Mom terjaga dan tumbuh kembang janin pun sehat selama kehamilan, maka ada 4 hal wajib yang harus Mom penuhi.

4 Kebiasaan Harian yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil selama Masa Kehamilan

    1. Penuhi Kebutuhan Tubuh akan Cairan

Jika saat sebelum hamil Mom dianjurkan minum 8-10 gelas per hari atau kurang lebih 2,3 liter, maka selama masa hamil tambahkan 0,7 liter cairan yang bisa didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur. Penambahan jumlah cairan yang perlu dikonsumsi ibu hamil tidak hanya untuk meningkatkan volume darah ibu dan janin, tetapi juga untuk membantu aliran darah ke janin dan memenuhi kecukupan cairan ketuban, sehingga membantu janin berkembang dengan baik. Hal terpenting, mengkonsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa mencegah pengendapan bakteri penyebab infeksi dalam urin maupun pada saluran kemih. 

    2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Pada masa kehamilan, penting bagi Mom untuk memastikan tercukupinya kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral terutama folic acid, calcium, zat besi, dan serat. Mengkonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan sangat penting karena dapat membantu mencegah cacat lahir, perkembangan otak dan saraf bayi terganggu, memperkecil risiko mengalami preeklamsia, serta mencegah kelahiran prematur.Untuk zat besi, Mom membutuhkan kurang lebih 27 mg setiap hari.untuk membantu pembentukan sel darah merah dan hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Untuk mencukupi kebutuhan zat besi harian selama hamil, bila perlu mom bisa konsumsi produk sediaan zat besi yang mengandung Iron Polymaltose Complex. 

    3. Istirahat yang Cukup

Jika selama kehamilan Mom sering merasa lelah, ini wajar, karena tubuh sedang mengalami perubahan hormon yang sangat cepat dan memang ada janin yang sedang tumbuh pula. Itulah sebabnya, selama kehamilan sangat disarankan Mom mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tidur minimal 7-9 jam per hari. 

    4. Rutin Olahraga yang Aman

Olahraga teratur dibutuhkan lho, Mom, karena akan membantu memperlancar aliran darah, meningkatkan energi dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan dengan rutin berolahraga, Mom bisa mengurangi berbagai rasa tidak nyaman akibat hamil, seperti nyeri pada punggung atau pegal-pegal di pinggang dan kaki. 
Dalam berolahraga, pilih saja olahraga yang ringan, seperti jalan kaki di pagi hari mengelilingi kompleks perumahan, senam ringan di dalam rumah, yoga, bahkan bisa juga berenang. Tidak perlu lama juga waktu yang dihabiskan untuk berolahraga, cukup 30 menit saja saat melakukannya, untuk 3-4 kali dalam seminggu.Semangat ya Mom dalam menjalani masa kehamilan! 

Referensi: 
    https://stikessurabaya.ac.id/2019/08/26/berapakah-kebutuhan-cairan-ibu-hamil/
    https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/trimester-1/panduan-kehamilan-trimester-pertama/
    https://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-konsumsi-tablet-fe-bagi-ibu-hamil#:~:text=Kebutuhan%20Zat%20Besi%20(Fe)%20di,masa%20hemoglobin%20maternal.
    https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3620552/berapa-banyak-kebutuhan-cairan-ibu-hamil
    https://www.alodokter.com/inilah-asupan-cairan-yang-harus-diperhatikan-oleh-ibu-hamil